Fakta Mengenai Kolesterol Yang Wajib Anda Ketahui

Fakta Mengenai Kolesterol Yang Wajib Anda Ketahui 



Kadar kolesterol LDL tinggi dalam darah meningkatkan resiko penumpukan lemak yang terbentuk pada dinding arteri serta meningkatkan resiko serangan jantung. Oleh karena itu , LDL mendapat julukan kolesterol "jahat" . Sealiknya , kadar kolesterol yang tinggi tampak memiliki dampat melindungi terhadap penyakit jantung. Sehingga dianggap sebagai kolesterol "baik". Sebuah Penelitian mengungkap bahwa meskipun partisipan memiliki kadar kolesterol optimal (dibawah 70 mg/ dL), mereka yang memiliki kadar kolesterol tertinggi, paling tidak, beresiko mengalami peristiwa serangan jantung koroner dibandingkan dengan mereka yang memiliki jumlah paling rendah ( New England Journal of Medicin, 27 September 2007).

Bagaimana dengan jumlah kadar kolesterol serum (darah), Banyak orang mengira bahwa menurunkan kolesterol makanan adalah langkah terpenting ke arah menurunkan kolesterol darah. Sejatinya , makan lemak sedikit jenuh memiliki dampak lebih kuat pada menurunkan tingkat kolesterol darah. Beberapa penelitian telah menemukan bahwa mengkonsumsi kolesterol berkadar lebih tinggi meningkatkan penyakit jantung meskipun tidak meningkatkan kadar kolesterol darah. 

Apa Kiat Menurunkan Kolesterol Serum Yang Tinggi ? 

Saran umum adalah mengurangi makan lemak ( terutama lemak jenuh dan lemak buatan) dan diet kolsterol dalam batasan yang masih bisa masuk aal  dan makan lebih banyak makan buah, sayuran dan makanan dengan serat larut kaya ( seperti oat dan buncis). Berikut beberapa saran khusus menurunkan kadar kolesterol serum : 

1. Makan gandum jika mungkin dan batas gula biasa (gula sederhana)
2. Makan makanan kaya protein seperti kedelai, kacang almond, margarin karena kaya aan sterol, serat larut,
3. Minum teh hijau juga dapat menurunkan kolesterol dengan cara meningkatkan pengeluaran kolesterol dan asam empedu dari usus (berupa tinja).





0 Response to "Fakta Mengenai Kolesterol Yang Wajib Anda Ketahui "

Post a Comment